Setelah sekian lama Kelurahan Sidodamai “mati suri” terkait pelayanan KB gratis, kini pada tanggal 15 Agustus mendatang, pelayanan tersebut akan dihadirkan kembali. Digagas oleh mahasiswa KKN UNMUL angkatan 45 dan dibantu oleh Kelurahan, BKKBN, kader Posyandu dan kader BKB, Selasa kemarin (6/8) diadakan pertemuan guna membahas teknis di lapangan saat pelayanan KB gratis nanti dan juga sekaligus musyaswarah pertemuan rutin kampung KB kecamatan Samarinda Ilir.

“Sudah sekian lama sejak terakhir kali diadakan pelayanan KB gratis di Sidodamai, untuk itu saya menghimbau agar seluruh pasangan usia subur dapat datang ke pelayanan ini.” Ujar Surayjin, lurah Sidodamai dalam sambutannya. “Baik baru mau pasang KB, atau mau meng-upgrade KB yang digunakan, akan kami layani”

Jenis-jenis KB yang dihadirkan pun tergolong lengkap, seperti suntik, implan, spiral, dan IUD. Ditambahkan oleh Suratno, staff BKKBN, beliau optimis bahwa acara pelayanan ini akan mendapat sambutan yang baik dari warga. “Sebab dari pengalaman saya, acara pelayanan KB yang dilaksanakan di tengah kota yang penuh dipadati oleh dokter dan puskesmas saja dapat ramai, apalagi di Sidodamai sini. Kalau dihitung-hitung, biaya pemasangan KB bisa merogoh kocek dari 500 sampai satu juta, disini tidak akan dipungut biaya apapun, dan tentunya akan ditangani oleh tenaga ahli dalam pemasangannya.”

Dalam sosialisasinya kepada warga, mengerahkan para pengurus kader kampung KB untuk menarik atensi masyarakat. Setiap kader KB yang mampu membawa orang untuk ber-KB akan didata dan diakumulasi, dan diakhir nanti kader KB terbanyak yang membawa pengunjung akan mendapatkan hadiah. (kkn)

Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Sidodamai